Ujian Nasional Th 2015 dihapus diganti Evaluasi Nasioanl

Ujian Nasional Dihapus - Kebijakan di dunia pendidikan yang sangat ditunggu oleh praktisi pendidikan akan segera direalisasikan oleh Pemerintah. Kabar yang beredar luas kali ini adalah mengenai Penghapusan Ujian Nasional. Ini merupakan langkah trobosan yang sangat dinanti oleh praktisi pendidikan di Indonesia. Kabarnya Ujian Nasional akan segera diganti dengan Evaluasi Nasional.


Bagaimana bentuk Evaluasi Nasional yang akan menggantikan Ujian nasional ini masih akan dilakukan rapat-rapat dengan pihak-pihak yang terkait.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) selaku penyelenggara unas, yang bakal berganti enas, terus menggeber rapat-rapat teknis persiapan penyelenggaraan periode 2015. Kemarin misalnya, tim BSNP menggelar rapat dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud.

"Kami berharap pekan depan sudah ada titik jelasnya. Sekarang masih tahap usulan dari unas menjadi evaluasi nasional," kata anggota BSNP Teuku Ramli Zakaria yang 
Kami Kutip dari JPN com Jakarta


Keputusan ini tidak diambil sepihak oleh Kemendikbud atau BSNP saja. Namun juga menyerap dari banyak aspirasi yang beredar di tengah masyarakat. Memang sejauh ini ujian Nasional menjelma menjadi "monster" yang sangat menakutkan bagi anak didik. Kondisi seperti ini sangat tidak sehat bagi kejiwaan anak didik dan sangat mengganggu secara psikologi terhadap pendidikan mereka.

Selain memastikan perubahan itu, Ramli menuturkan rapat-rapat digeber untuk penetapan standar unas 2015. Karena belum ada keputusan resmi, saat ini acuan kelulusan unas 2015 tetap merujuk pada Permendikbud 44/2014.

Saat dikonfirmasi ditempat terpisah, Mendikbud Anies Baswedan masih enggan untuk menjelaskan tentang penghapusan Ujian Nasional. Beliau tidak membantah juga tidak membenarkan tentang kabar penghapusan Ujian Nasioanal.