3 Janji Mendikbud Ini Harus Direalisasikan di 2015


Tiga janji yang akan ditagih realisasinya pada tahun 2015 ini akan sangat berpengaruh bagi guru di seluruh Indonesia.
Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) memetakan ada tiga janji pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam bidang pendidikan yang akan ditagih realisasinya pada tahun 2015. Ketiga janji yang dilontarkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan ini akan sangat berpengaruh bagi guru di seluruh Indonesia.


Pertama, dalam peringatan Hari Guru Nasional 2014 lalu, Anies mengatakan akan menerapkan upah minimal guru. Janji ini bakal ditagih realisasainya, seperti profesi buruh yang sudah ada acuan upah minimumnya. Guru juga harus memiliki standar upah minimal, karena selama ini banyak guru yang digaji sangat rendah, jauh dibawah standar biaya hidup layak.

Janji kedua berkaitan dengan    bantuan pengurangan beban hidup para guru. Anies beberapa  hari  sejak  dilantik  mengatakan  akan membantu mengurangi beban hidup   para   guru.   Pemerintah  akan  bekerjasama  dengan  korporasi   untuk menekan  biaya   hidup   guru.   Salah satu caranya dengan memberikan diskon khusus bagi guru.

Ketiga, Anies pernah berjanji akan membuat direktorat jenderal (ditjen) khusus yang       membidangi    urusan guru. Selama  ini  diurus  dibanyak ditjen. Guru pendidikan  anak  usia  dini  ada di Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan  Informal (PAUDNI). Guru  pendidikan  dasar  (SD dan SMP)  ada   di Ditjen Pendidikan Dasar (Dikdas).

Dilansir SekolahDasar.Net dari JPNN (31/12/14), Ketua Umum  PGRI  Sulistyo berharap  pemerintah  tidak  berbohong.  Semua  gagasan  program pemerintah yang telah dijanjikan,khususnya terkait guru diharapkan benar-benar dijalankan  dan mulai tahun 2015 program itu bisa direalisasikan.