CARA EDIT DATA PD DAN PTK YANG SALAH PADA DAPODIKDAS

Penguncian Nama PD dan PTK pada Aplikasi Dapodik membuat Operator bingung dan harus bagaimana cara memperbaikinya inilah solusinya.

1. Apa solusi jika terjadi kesalahan input nama, tanggal lahir dan nisn di peserta didik?
Bagi yang mengalami kesalahan penulisa nama, tanggal lahir, dan nisn peserta didik bisa diedit atau diperbaiki melalui laman http://vervalPesertaDidik.data.kemdikbud.go.id. Setelah melakukan edit data silahkan sinkronisasi agar perubahan turun ke aplikasi dapodik.


2. Apa solusi jika terjadi kesalahan input nama dan tanggal lahir di PTK?
Bagi yang mengalami kesalahan penulisa nama atau tanggal lahir PTK bisa diedit atau diperbaiki melalui laman http://vervalPTK.data.kemdikbud.go.id Setelah melakukan edit data silahkan sinkronisasi agar perubahan turun ke aplikasi dapodik. (Hanya bisa dilakukan melalui OP Dinas Kab/Kota)
 
3. Kenapa data individu Peserta Didik, PTK, rombel berbeda antara aplikasi dan server?
Kesalahan jumlah biasanya terjadi karena pengisian data diaplikasi double, atau terjadi duplikasi data diserver, cara menormalkannya silahkan lakukan generate prefill, lalu instal ulang aplikasinya dan lakukan registrasi dengan menggunakan username dan pasword yang sama setelah itu lakukan sinkronisasi.
Sumber informasi dari Bapak NUNU NUGRAHA

Untuk memperbaiki data PD tersebut lihat caranya dibawah ini
Silahkan login dengan mengisi Username atau password yang sama dengan login yang ada pada dapodikdasnya 
KLIK --> LOGIN VERVAL




Bagi Operator Sekolah  yang tidak dapat melakukan Login verval silahkan daftar ulang/registrasi
Pada waktu mau registrasi para operator sudah harus mempunyai surat penugasan yang sudah ditandatangani oleh kepala sekolah dan berstempel dalam bentuk file word yang di scan kebentuk Pdf
Contoh Surat/SK Penugasan seperti gambar dibawah ini
-File surat tugas dalam bentuk format Pdf dan Max 800 kb
-Kop surat instansi anda
-Nomor surat tugas
-Tanda tangan penanggung jawab lembaga(Kepsek)
-Stempel lembaga/sekolah anda


Bagi Operator Sekolah  yang tidak dapat melakukan Login silahkan daftar ulang/registrasi disini
KLIK --> LOGIN REGISTRASI OPERATOR


Setelah semuanya terisi dengan lengkap, terakhir tekan tombol Registrasi
Jika muncul tabel peringatan Gagal! maka tidak perlu panik, hal tersebut menandakan bahwa Operator Sekolah pada sekolah bersangkutan sebelumnya telah terdaftar dan memiliki akun secara otomatis pada situs PDSP. Silahkan catat alamat email yang tertera pada tabel peringatan tersebut.
 




Selanjutnya langsung saja menuju laman login dengan mengklik link login yang tertera di pojok kanan atas.
Masukkan alamat email sesuai dengan yang ada pada tabel peringatan tersebut dan isi password sesuai dengan yang anda gunakan terakhir di aplikasi Dapodik.apabila gagal bisa diulang
Pada saat login Akun sudah terdaftar,tapi pada password tidak terdaftar
Solusinya :
- Konfirmasi kepada admin SDM-PDSP
- Lampiran Konfirmasi : Biodata dan surat penugasan
- Kirimkan ke : registrasisdm@gmail.com 

Jika menemukan kesulitan dalam proses registrasi maupun proses login, maka silahkan ulangi proses registrasi dari awal dengan menggunakan data Operator Sekolah yang digunakan pada aplikasi Dapodik.
Email anda buka juga,konfirmasi anda mendaftar ada dalam email tersebut.
Apabila Login berhasil,arahkan mouse pada menu Edit Data,nanti akan terlihat pilihan yang mau diperbaiki yaitu NISN atau Nama & Tanggal Lahir siswa


Klik Pilih Siswa

Pilih nama siswa yang mau diperbaiki/edit,kemudian klik OK


Disini yang membuat operator sedikit repot lagi,seandainya setelah edit data selesai bisa langsung disimpan data berubah ini memudahkan kerja operator,tapi disini ada persyaratan yang perlu dilampirkan yaitu bukti data siswa sebenarnya mungkin berupa Akta kelahiran atau Kartu keluarga dibuat dalam bentuk file photo,jpg/png untuk di upload



Hasil pengajuan perubahan silahkan tunggu dalam beberapa hari.
=======================================================
Sebelum anda melakukan edit data PD dan PTK apakah anda sudah melakukan Verval PD dan Konfirmasi Data PDnya ? dengan berhasilnya anda pada laman login Verval PD,suatu kesempatan anda untuk sekaligus bisa memverval PDnya


Catatan penting :

Kegiatan Verval PD bertujuan untuk memverifikasi data peserta didik yang ada di sekolah, baik peserta didik yang sudah punya NISN maupun belum memiliki NISN untuk selanjutnya melalui verval ini sekaligus diusulkan untuk mendapat NISN. Sumber data peserta didik berasal dari dapodik yang telah sinkron.
Warning 
Info dari Admin PDSP
Bagi sekolah yang tidak melakukan Verval PD, NISN siswanya tidak akan sah. Hal ini akan berdampak pada saat evaluasi pendidikan di wilayah tersebut, karena acuan data siswa diambil dari data master referensi verval NISN.
Mengerjakan DAPODIK dan VERVAL PD ada saling keterkaitan, dan merupakan tanggung jawab sekolah sekaligus kepedulian sekolah terhadap Peserta didik, wilayah dan dunia pendidikan di Indonesia
Panduan Cara Verval PD download DISINI